Tahapan

APA ITU AIPTKMI?

Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia atau yang biasa disebut AIPTKMI adalah kelanjutan dari organisasi Badan Kerjasama antar 5 Fakultas Kesehatan Masyarakat se-Indonesia yang pada tahun 1992 baru ada 5 FKM (Negeri).  AIPTKMI kemudian secara resmi didirikan pada tanggal 28 Oktober 2002.

Salah satu tugas utama AIPTKMI adalah melakukan pembenahan dan peningkatan mutu pendidikan kesmas di Indonesia. Sampai saat ini, anggota AIPTKMI berjumlah 143 anggota dari 178 institusi kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia.

APA MANFAAT MENJADI ANGGOTA AIPTKMI?

Pada dasarnya menjadi anggota AIPTKMI adalah hak setiap institusi (yang memiliki program studi kesehatan masyarakat). Akan tetapi dengan menjadi anggota AIPTKMI maka institusi akan mendapatkan beberapa manfaat atau keuntungan diantaranya adalah:

  1. Menjadi fokus AIPTKMI untuk dilakukan pembenahan dan peningkatan mutu pendidikan kesmas;
  2. Mendapatkan informasi secara aktif mengenai perkembangan pendidikan kesmas seperti kurikulum nasional dan uji kompetensi;
  3. Dapat mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh AIPTKMI;
  4. Memiliki kesempatan untuk melakukan kerjasama dalam hal penelitian ataupun pendidikan dengan lima FKM pembina (UI, UNHAS, UNAIR, UNDIP dan USU).

BAGAIMANA CARA MENJADI ANGGOTA AIPTKMI?

Setiap institusi yang memiliki program studi kesehatan masyarakat dapat dan diharapkan bergabung menjadi anggota AIPTKMI.

Adapun cara menjadi anggota AIPTKMI sangat mudah yaitu:

  1. Mengirimkan surat permohonan menjadi anggtota AIPTKMI ke email aiptkmi@gmail.com;
  2. Membayar uang pangkal sebesar Rp3000.000 (tiga juta rupiah);

Membayar iuran tahunan sebesar Rp2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah).

Lost Password

Register